Sunday, June 30, 2013

Barn Swallow


Barn Swallow atau biasa kita sebut Layang-layang Api (Indonesia) memiliki kelimpahan yang cukup tinggi hampir di seluruh daerah di Indonesia (termasuk di sekitar Kos-kosan saya..hehehe).
Menurut MacKinnon Burung ini berukuran sedang (20 cm termasuk bulu ekor yang memanjang), berwarna biru mengilap dan putih. Tubuh bagian atas berwarna biru baja, pinggir tenggorokan kemerahan, perut putih, ada garis biru pada dada atas. Ekor sangat panjang, dengan bintik putih dekat ujung bulu. Perbedaannya dengan Layang-layang batu: perut putih bersih, ekor lebih memanjang, garis dada biru. Remaja: bulu lebih suram, tanpa pita panjang pada ekor, lebih sulit dibedakan dengan Layang-layang batu. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.  Burung ini memiliki suara dengan nada tinggi "twit" dan panggilan mencicit. Burung ini juga hampir ada di seluruh dunia. Berbiak di belahan utara. Pada musim dingin, bermigrasi ke selatan melalui Afrika, Asia, Asia tenggara, Filipina, dan Indonesia, menuju P. Irian dan Australia.
Burung dengan nama ilmiah Hirundo rustica ini merupakan pengunjung musim dingin yang umum pada semua ketinggian di Sunda Besar (termasuk pulau-pulau di sekitarnya) dan memiliki kebiasaan melayang dan melingkar di udara atau terbang rendah di atas tanah atau air untuk menangkap serangga kecil. Hinggap pada cabang pohon yang mati, tiang, atau kawat telepon. Mencari makan sendiri-sendiri tetapi dalam jumlah besar di satu tempat. Kadang-kadang bergabung dalam kelompok besar, bahkan ketika berada di dalam kota.

No comments:

Post a Comment